Belajar Menulis Al Quran Mudah

Belajar Menulis Al Quran Mudah

hukum mempelajari Al Qur’an

Belajar Menulis Al Quran – Putra putri kita merupakan amanah dari Allah SWT, maka jagalah, didiklah dan penuhilah hak-haknya dengan kebaikan serta ketaqwaan kepada Allah SWT. Maka mereka akan tumbuh menjadi anak yg shali dan shalihah.

seperti dalam sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka ke 2 ibu bapaknya lah yg akan menjadikannya seseorang Yahudi atau seseorang Nasrani atau seorang Majusi”. (Muttafaqun ‘alaih).

dari sini lah mengapa perlunya mengenalkan dan mempelajari Al Qur’an mempunyai peran yg penting pada proses tumbuh kembang anak.

Tahap Awal Mengenalkan Anak dengan Al Qur’an

di anak-anak usia Taman kanak kanak mulailah dengan menyanyikan huruf hijaiyah.

dan mulai membacanya dengan menggunakan buku Iqra’ yang perjilid. Masing-masing buku per jilid mempunyai warna yg berbeda, serta lebih tipis buat mempermudah anak membacanya. Jika dibandingkan dengan buku Iqra’ yang terdiri dari 1 sampai 6 jilid didalamnya, yg membuat kesan kitab yang sangat tebal bagi anak.

Cara mengajarkan anak membaca Al Quran

Point utama dalam mengajarkan Al Qur’an di anak yaitu kesabaran. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam proses belajar baca tulis Al Qur’an. dalam kenyataannya pasti kita akan menemukan anak-anak dengan karakter yang unik gaya belajarnya, ada yang cepat dalam menyerap materi yang berikan ada pula yang lebih lambat.

buat itu hal utama yg dibutuhkan buat mengajarkan Al Qur’an yaitu sabar, tak perlu memakai amarah dalam mendidik anak yg justru akan menurunkan harga diri mereka dan menjauhkan mereka asal kita. Ingatlah akan hasil yang kita tuai Bila putra putri kita menjadi ahlul Qur’an kelak.

Cara Menulis Al Quran untuk Anak

terdapat metode yang dirasa sangat cocok buat mengjarkan anak menulis Al Qur’an yaitu dengan menbalkan garis. Diawali dengan menebalkan garis huruf-huruf hijaiyah, huruf bersambung, kemudian perkata, hingga menebalkan garis tulisan per ayat.

dengan metode menebalkan garis yang dilakukan secara bertahap serta kontinyu, dimaksudkan agar anak-anak terbiasa menuliskannya dengan bagus. seluruh pembelajaran tidaklah bisa dilakukan secara instan tanpa adanya pembiasaan serta panduan yg baik.

Metode membaca Al Qur’an dilakukan secara tatap muka secara langsung, untuk mengetahui bacaan yang benar serta salah, serta anak dapat menirukan bacaan yg kita ucapkan.

Jika terdapat pengucapan yg salah , maka bacakanlah yang benar maka anak akan mengukuti bacaan yang kita ucapkan.

dengan begitu anak akan langsung mengetahui bacaan yg salah dan merasa diberikan perhatian penuh terhadap kemampuannya dalam membaca.

Belajar Al Qur’an dengan Menyenangkan

Adakalanya anak akan mengalami bosan dalam belajar Al Qur’an. Maka mengajarkan Al Qur’an di anak tidak wajib secara langsung dan monoton, tetapi menggunakan tahap-tahap dengan metode yang menarik supaya tidak merasa bosan.

Suasana yg menyenangkan akan membantu anak buat mengingat hafalannya dalam waktu yg lama, dan membentuk anak lebih fokus.

bisa juga dengan menyanyikan mars, melakukan tepuk anak shaleh, lagu-lagu islami, nama nama Nabi & malaikat dan sebagainya menjadi selingan Bila anak telah terlihat mulai bosan.

Manfaat Mengenalkan Baca Tulis Al Qur’an sejak Dini

Al Qur’an adalah asupan terbaik untuk anak-anak, seperti dalam riwayat Imam Al-Bukhari bahwasannya Rasullah SAW bersabda: “ Barang siapa yang mempelajari Al Qur’an di usia belia, maka Allah akan menyatukan Al Qur’an dengan darah dan dagingnya.”

yang utama dari belajar Al Qur’an yaitu mendapatkan pahala dari Allah SWT. mendapatkan perlindungan dari malaikat baik dari kejahatan yang terlihat maupun tidak terlihat. memberikan syafaat kepada pembacanya pada hari kiamat, mempunyai perilaku yang mulia, dapat membuat lebih tenang sebab selalu mengingat Allah, dapat menyembuhkan penyakit, dan dapat memuliakan derajat orang tua di dunia serta menolongnya pada akhirat.

Menghadapi Anak yang salah dalam Mengucapkan

sering kali ditemukan saat membaca huruf hijaiyah kesalahan-kesalahan yang bisa saja terjadi sebab faktor usia Taman kanak kanak yang cendrung belum bisa mengucapkan dengan jelas. serta karena porsi bermainnya lebih besar, maka terkadang sambil bercanda dan ingin bermain.

Maka Jika menemukan bacaan yang salah pengucapannya, sikap kita yaitu hanya perlu membenarkannya dengan cara membacakan bacaan tersebut dengan sahih. lalu anak akan mengulangi bacaan yang benar seperti yang di beri contoh

Pemberian Penghargaan kepada Anak Penghafal Al Qur’an

Putra putri kita merupakan harta yang berharga di dunia ini, tetapi dengan bekal hafalan ayat-ayat suci Al Qur’an anak akan cendrung berprestasi dan memiliki ingatan yang bagus sebab terbiasa menghafal Al Qur’an semenjak kecil.

sesudah selesai belajar membaca dan menulis Al Quran anak bisa diberikan penghargaan berupa ucapan kasih sayang dan pujian, atau bahkan berupa hadiah sehabis berhasil khatam.

Begitu mulia tugas orang tua dan pendidik Al Qur’an di mata manusia serta di hadapan Allah SWT sebab ilmunya akan terus mengalir.

tidak sekedar membaca, kita juga bisa merasakan sensasi menulis wahyu al-Qur’an dengan jari-jemari sendiri. Menulis al Quran sesudah kegiatan menghafal ayat diyakini bisa menambah kekuatan hafalan para penghafal al-Qur’an. Jika hal ini terus dilakukan, maka selain menguatkan hafalan, kita pula akan semakin terlatih dalam menulis huruf hijaiyah.

banyak pilihan cara yg bisa kita lakukan dalam membantu anak-anak kita dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an, salah satu di antaranya adalah dengan menulis ulang ayat-ayat Al-Qur’an tadi. Sangat mudah dan tak perlu takut salah , cukup dengan cara menebalkan khat yang telah dicetak dalam buku ini.

Berikut rekomendasi buku buat Belajar Menulis AL Quran

1. Mushaf Menulis Al-Qur’an jus 28, 29 serta 30

Mushaf Menulis Al Quran jus 28 29 serta 30

Penerbit: Zain Penyejuk Hati
Tebal: +- 26 halaman / Jilid
Dimensi: 21 cm x 29,5 cm
Sampul : Soft Cover
Berat: 350 gr

tidak sekedar membaca, kita juga dapat merasakan sensasi menuliskan wahyu Al-Quran dengan tangan kita sendiri. Caranya mudah, cukup kita menorehkan pensil atau pena menebalkan garis khat yang telah dicetak dalam buku ini. tidak perlu takut salah, karena khat tersaji tetap seperti mushaf standar.

Semoga dengan hadirnya buku “Menulis Al Quran” ini, bisa mengisi hari-hari buat lebih mengakrabkan diri dengan kalam ilahi. sungguh, akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, menumbuhkan rasa tabah, sekaligus rasa cinta di Al-Quran, insya Allah.

2. Al-Quran Tulis Junior – Cordoba

Al Quran Tulis Junior

berukuran: B5 (18 x 25 cm)
Bahan cover: Soft Cover
Bahan :HVS Premium 70 gsm
Berat : 980gr

Al-Qur’an Tulis 30 juz dengan Metode Follow The Line merupakan Al Quran Tulis yg dipersembahkan buat pendekatan dengan Al-Qur’an secara sederhana serta mudah. Dibagi sebagai 10 jilid yang berisi 3 juz di setiap jilidnya dengan desain spesial buat memudahkan dibawa bagi anak-anak belajar menulis Al Quran dimanapun.

Metode “Follow The Line” ialah mengikuti garis. Petunjuk penulisannya bisa disederhanakan dalam sebuah kalimat : “dari kanan atas menuju ke kiri atau bawah”. Al-Qur’an Tulis Lengkap 30 juz ini cocok bagi siapapun yang ingin lebih dekat dengan Al-Qur’an . Lebih menarik lagi Jika digunakan sang Anak-Anak.

3. Mushaf Tulis – Syaamil quran

Penerbit : Syaamil Quran
ukuran : B5 (18 x 25 cm)
Jml page : 632 page
Bahan Isi : HVS
Cover : Hardcover
Berat : 1700 gram

Mushaf Tulis didesain khusus untuk menjadi sebuah Media Menulis Al Quran Bagi Anda yang pula artinya metode buat menghafal, terapi hati bahkan sebagai warisan yang mampu Anda tinggalkan buat anak cucu kelak sebagai peninggalan yg tidak ternilai.

4. buku Belajar Menulis Al Quran juz 28, 29, 30 dan Hadits

Penerbit: Media Sholih
Tebal: 34 laman
Dimensi: 20,5 centimeter x 28,5 cm
Cover: Soft Cover
Berat juz 28: 155 gr
juz 29 : 165 gr
juz 30 : 165 gr

adik-adik…, menulis Al Quran serta hadits itu sangat mengasyikkan. Selain dapat menguatkan hafalan kalian, menulis Al Quran serta hadits juga dapat menjadi sarana supaya kalian lebih dekat dengan kalam Allah Ta’ala serta sabda Nabi Muhammad ﷺ. sehingga kalian juga akan semakin cinta kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan Nabi-Nya.

adik-adik…, buku ini hadir buat membantu kalian belajar menulis huruf Arab, khususnya Al-Quran dan hadits, dengan mudah serta benar. Kalian tidak perlu takut salah menulisnya. karena, kalian cukup menebalkan tulisan ayat atau hadits yg ada di buku ini.

Semoga hadirnya buku ini bisa mengisi hari-hari kalian dengan kegiatan yang lebih bermanfaat serta mengasyikkan.