Doa Sholat Tahajud Beserta Dizikir

Doa Sholat Tahajud Beserta Dizikir

Doa Sholat Tahajud: Niat Hingga Dzikir Setelah Sholat Tahajud!

Niat Sholat Tahajud

Sholat tahajud yang mempunyai banyak keutamaan jadi sholat sunnah yang sangat sayang buat ditinggalkan. Meskipun bukan sholat fardhu, tetapi jenis sholat sunnah ini tak pernah ditinggalkan Nabi.

Bila kamu ingin mendapatkan keutamaannya, maka ada beberapa cara sholat tahajud yg harus dipahami. Termasuk rukun serta sunnah yang harus dilakukan. seperti doa sholat tahajud mulai dari niat hingga dzikir sesudah sholat.

Doa Sholat Tahajud

ini dia doa sholat tahajud yang bisa kamu pelajari untuk melakukan sholat sunnah tahajud dengan khusyuk:

1. Niat Sholat Tahajud

Sebelum kamu memulai sholat sunnah ini, maka niatkan terlebih dalam hati. Putuskan buat melaksanakan berapa rakaat buat sholat sunnah tahajud. Paling penting ialah memantapkan hati untuk sholat tahajud.

seperti untuk memuliakan Allah, sebagai bentuk syukur kepada Allah atau meminta ampunan pada-Nya. sesudah itu kamu bisa melafalkan niat shalat tahajud untuk dua rakaat seperti berikut ini:

artinya “aku niat sholat sunah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, sebab Allah SWT”

2. Doa sesudah Sholat Tahajud
sesudah menyelesaikan sholat tahajud, berdoalah dengan ikhlas pada Allah SWT. Doa sholat tahajud ini pula sesuai hati serta kekhusyukan. seperti meminta maaf, bersyukur atau berdoa meminta bimbingan atau petunjuk.

ketika berdoa sesudah sholat tahajud pada Allah SWT, berendah hatilah serta berharap dengan kesabaran. berikut adalah doa sholat tahajud yg bisa kamu baca sesudah menyelesaikan rakaat sholat tahajud:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

artinya “Ya Allah, bagiMu segala puji, engkau cahaya langit serta bumi dan seisinya, bagi-mu segala puji, engkau yg mengurusi langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji, engkau tuhan yang menguasai langit serta bumi dan seisinya, bagi-Mu segala puji dan bagiMu kerajaan langit serta bumi dan seisiNya, bagi-Mu segala puji, engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu denganMu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.”

Ya Allah, kepadaMu saya pasrah, kepada-Mu aku bertawakkal, pada-Mu saya beriman, kepada-Mu aku pulang, dengan pertolongan-Mu aku berdebat (dengan orang-orang kafir), pada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. oleh sebab itu, ampunilah dosaku yg sudah lalu serta yg akan datang. Engkaulah yg mendahulukan dan mengakhirkan, tiada ilahi yang haq disembah kecuali engkau, engkau adalah Tuhanku, tak ada tuhan yang haq disembah kecuali engkau”

3. Dzikir sesudah Sholat Tahajud

Selain doa selesainya sholat tahajud, jua disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, dan istighfar. Yakni mengingat segala kebaikan Allah SWT melalui serangkaian zikir, setidaknya 100 kali, mirip ini dia:

Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), yg artinya Maha suci Allah

Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), yg artinya Segala Puji Bagi Allah

Takbir: Allahu akbar (الله أكبر), yg artinya Allah Maha besar

Istighfar pendek: Astaghfirullah, yg artinya, aku mohon ampun kepada Allah SWT

Dzikir sesudah sholat tahajud bisa ditambahkan dengan sayyidul istighfar, yg pula sering dilantunkan oleh Rasulullah SAW, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari seperti berikut ini:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, audzubka min syarrima shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.”

artinya “Ya Allah, engkau adalah Tuhanku, tidak ada ilahi yg berhak diibadahi selain engkau . engkau sudah menciptakanku dan aku merupakan hamba-Mu. aku menepati perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. saya berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan saya akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. karena, tidak ada yang bisa mengampuni dosa selain-Mu”

4. Doa 1/3 Malam

ada juga doa sholat tahajud lain yg bisa diucapkan, selain doa sesudah sholat dan doa yg dibaca ketika shalat sebagai doa iftitah. Doa ini lebih baik dibacakan pada 1/3 malam terakhir, sehingga cocok dibaca sesudah sholat tahajud seperti berikut ini:

artinya “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa 1/3 malam terakhir, lalu beliau berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya aku mengampuninya”

Nah, itulah serangkaian doa sholat tahajud mulai dari niat hingga dzikir sesudah sholat tahajud. Doa-doa di atas tentu juga perlu kekhusyuan dalam hatimu sesuai niat sholat tahajudmu yang ikhlas hanya pada Allah SWT.

Keutamaan Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud

Keistimewaan menunaikan sholat tahajud akan kian terasa tepat Jika dilengkapi dengan doa dan zikir. Sempatkan waktu Anda untuk benar-benar berserah diri serta memohon.

berikut adalah beberapa keutamaan mengerjakan sholat tahajud secara istiqomah:

1. Diangkat Derajatnya oleh Allah

“sesuai dalam penggalan ayat kitab suci al-Quran, “serta pada sebagian malam hari salat tahajudlah kamu menjadi suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yg terpuji.” (QS. Al-Isra : 79).

2. mendapat Kemuliaan dari Allah SWT

“Nabi Muhammad SAW bersabda: Jibril mendatangiku dan berkata, Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena kamu akan meninggal, cintailah orang yg kamu suka, karena kamu akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, kamu akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seseorang muslim ialah salat waktu malam serta ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi).

3. Dikabulkan Doanya

saat orang lain tidur nyenyak, Anda berusaha menemui Allah melalui salat, di mana malaikat ikut meng-Amiinkan doa yg dipanjatkan. Rasulullah SAW bersabda :

“Rabb kita Tabaraka wa Taala turun setiap malam ke langit dunia saat masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu dia berfirman: Barangsiapa yang memohon ampun pada-Ku, pasti aku mengampuninya. Barangsiapa yg memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya aku akan memberinya. dan barangsiapa yg berdoa kepada-Ku, pasti aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

4. Dimudahkan Masuk surga

Rasulullah SAW menyampaikan pada Abdullah Ibnu Muslim tentang keistimewaan salat tahajud.

“Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, serta bagikanlah makanan dan sambunglah silaturahmi serta tegakkan lah salat malam waktu manusia yg lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

5. Kelak mendapat Taman surga yang Diimpikan

“Sesungguhnya orang-orang yg bertaqwa berada dalam taman-taman surga serta di mata air-mata air, seraya mengambil apa yg Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka ialah orang-orang yg sedikit tidurnya di waktu malam serta di akhir malam mereka memohon ampun pada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).

6. Dihapuskan Dosanya

“Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri pada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad).

7. Melahirkan sikap Rendah Hati

“serta hamba-hamba yang kuasa yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yg berjalan di atas bumi dengan rendah hati serta apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan istilah-kata yang baik. dan orang yg melewati malam hari dengan bersujud serta berdiri untuk tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64).

Artikel By Kompasiana.com