Hukum Bacaan Lam Jalalah Dalam Al Quran

Hukum Bacaan Lam Jalalah Dalam Al Quran

Hukum Bacaan Lam Jalalah – Ilmu tajwid merupakan ilmu yg mempelajari bagaimana cara mengucapkan atau membaca huruf yg tertera di Al-Quran. Cabang ilmu tajwid terdapat Bermacam – macam, salah satunya yaitu hukum bacaan lam jalalah. Apa serta bagaimana lam jalalah itu? yuk, pelajari bersama lewat pembahasan berikut ini. Mulai dari pengertian, beragam hingga misalnya dalam Al-Quran.

Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Lam Jalalah 1hukum mempelajari Ilmu tajwid ialah Fardhu Kifayah, sedang membaca Al Qur’an dengan baik dan sahih sesuai ilmu tajwid hukumnya Fardhu Ain. Bagi orang yang belum bisa membaca Al Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu Tajwid wajib hukumnya buat berusaha membaguskan bacaannya sehingga mencapai standar yg telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW.

Hukum bacaan tajwid penting diketahui Muslim dalam membaca Alquran. sebab, membaca Alquran harus benar dan tartil serta tahu makhrojul khuruf juga kapan harus berhenti serta lanjut. salah satu upaya agar mampu membaca Alquran dengan baik dan tartil yakni belajar ilmu tajwid yakni ilmu yang mempelajari perihal cara pengucapan serta pelafalan Al quran.

Pengertian Lam Jalalah

Lam jalalah terdiri dari 2 kata yaitu “lam” dan “jalalah”. Lam merupakan salah satu huruf hijaiyah yang berbentuk ل. Sedangkan kata ” jalalah” merupakan secara bahasa yaitu yang Diagungkan. Lafadz jalalah adalah lafadz Allah. Jadi, pengertian lam jalalah ialah suatu bacaan di huruf lam yang terdapat pada lafadz Allah.

dari pengertian di atas, maka di setiap istilah “Allah” terdapat hukum bacaan Lafadz Jalalah. dalam sebutan lain, bisa diklaim aturan bacaan Lam Jalalah atau hukum bacaan huruf Lam pada Lafadz Jalalah.

Hukum Bacaan Lam Jalalah

hukum bacaan Lam Jalalah terbagi menjadi dua macam yaitu tafkhim (tebal) serta tarqiq (tipis). yg dibaca tafkhim atau tarqiq di Lafadz Jalalah ialah huruf Lam nya. buat pengucapan tafkim dan tarqiq bisa talaqqi kepada guru.

Lam nya Lafadz Jalalah dibaca tafkhim Bila Lam Jalalah didahului oleh harakat fathah atau dhammah. Sedangkan Lam nya Lafadz Jalalah dibaca tarqiq Bila Lam Jalalah didahului oleh harakat kasrah.

Macam-Macam Lam Jalalah

Lam jalalah terdapat 2 macam, diantaranya menjadi berikut.

1. Lam Jalalah Tafkhim

Tafkhim merupakan menebalkan bacaan. Lam jenis ini artinya lam jalalah yang cara membacanya tebal. Ketentuan dari lam jalalah tafkhim adalah apabila terdapat satu huruf sebelum lafadz Allah yg berharakat fathah (ــَ) atau dhammah (ــُ).

contoh hukum bacaan lam jalalah tafkhim:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُۗ
Lam jalalah berada pada awal kalimat sesudah harkat fathah dibaca tafkhim. Cara membacanya: Allahu laailaaha illa huwal khayyul qayyum. ada pada Surat Ali Imran ayat dua.

وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ ذُو انْتِقَامٍۗ
Dibaca: Wallahu ‘azizun dzungtiqoom. Surat Ali Imran ayat 4.

فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًاۚ

Lam jalaln berada di tengah setelah huruf dhommah dibaca tebal. Cara membacanya: Fazaadahumullahu maradha. ada dalam Surat Al baqarah ayat 10.

2. Lam Jalalah Tarqiq

Tidak sama dengan tafkhim, tarqiq berarti tipis atau menipiskan. Lam jalalah tarqiq artinya lam pada lafadz Allah yg cara bacanya tipis. Ketentuannya adalah jika sebelum lafadz Allah ada suatu huruf berharakat kasrah (ــِ).

contoh hukum bacaan lam jalalah dibaca tipis.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Lam jalalah sesudah huruf kasroh dibaca tipis.
Cara membacanya: Bismillahir rakhmaanir rakhiim.

اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ

Cara membacanya: Aamana billaahi wabil yaumil aakhiri.

Terdapat pada Surat Al Baqarah ayat 8.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْٓ

Lam jalalah dibaca tipis. Cara membacanya: Alhamdulillahil ladzii. ada dalam Surat Al Kahfi ayat 1.

contoh Lam Jalalah

Hukum Bacaan Lam Jalalah 1

contoh lam jalalah pada Al-Quran terdapat banyak sekali. di bawah ini hanya beberapa contoh saja. Meski hanya beberapa, contoh ayat yang mengandung bacaan lam jalalah berikut ini insya Allah mampu menambah pemahamanmu dalam mengenal lam jalalah.

contoh lam jalalah tafkhim

1.QS. Al-Baqarah ayat 7

…خَتَمَ اللَّهُ عَلَى قُلُوْبِهِمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ

Lam jalalah tafkhim di potongan ayat di atas ada pada lafadz “خَتَمَ اللَّهِ”. Lafadz Allah dibaca tebal sebab sebelumnya terdapat huruf mim berharakat fathah. Maka cara membacanya yaitu “khotamal loohu”.

2. QS. An-Nisaa ayat 1

اِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا…

huruf nun tasydid berharakat fathah di bacaan “اِنَّ اللَّهَ” sebelum lafadz Allah menandai bacaan lam jalalah tafkhim. Maka, cara membaca lam pada lafadz Allah tebal sehingga bacaannya menjadi “innal looha”.

3. QS. Al-Mujadilah ayat 4

…وَتِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ…

pada potongan ayat tersebut terdapat lam jalalah tafkhim yaitu pada kata “حُدُودُ اللَّهِ”. Sebelum lafadz Allah terdapat huruf dal berharakat dhommah, maka cara membacanya tebal menjadi “huduudul loohi”.

4. QS. Al-Ghasiyah ayat 24

فَيُعَذِّبُهُ اللَّهُ الْعَذَابَ الْأَكْبَرَ

dalam ayat tadi, ada huruf ha (ه‍) berharakat dhommah di bacaan “فَيُعَذِّبُهُ” sebelum lafadz Allah. Maka, bacaan lam jalalah tafkhim berlaku dan cara membaca “فَيُعَذِّبُهُ اللَّهُ” yang sahih yaitu “fa yu’adzdzibuhul loohu”.

5. QS. Al-Bayyinah ayat 8

…رَّضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ…

potongan ayat di atas mengandung bacaan lam jalalah tafkhim di bacaan “رَّضِيَ اللَّهُ”. Hal ini ditandai dengan harakat fathah pada huruf ya yg berada sebelum lafadz Allah. Maka dari itu, bacaan lam jalalah dibaca tebal. sehingga cara membaca “رَّضِيَ اللَّهُ” yaitu “rodliyalloohu”.

Contoh lam jalalah tarqiq

Hukum Bacaan Lam Jalalah 2
1.QS. Al-Fatihah ayat 1

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bacaan bismillah telah sangat familiar bagi umat muslim. Bacaan bismillah juga ada dalam surah Al-fatihah ayat 1. dalam lafadz bismillah, terdapat hukum lam jalalah tarqiq yaitu di lafadz “bismillah”. Termasuk lam jalalah tarqiq sebab sebelum lafadz Allah, terdapat huruf mim berharakat kasrah.

2. QS. Al-Fatihah ayat dua

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan hamdalah pula sudah familiar di pendengaran umat muslim. dalam lafadz alhamdulillah juga terdapat bacaan lam jalalah tarqiq, yaitu di lafadz “alhamdulillah”. di sana terdapat huruf lam berharakat kasrah sebelum lafadz Allah.

3. QS. Al-Fath ayat 13

…وَمَنْ لَّمْ يُؤْمِنْ باِللَّهِ

sesuai potongan ayat tersebut, tanda bacaan lam jalalah tarqiq ada pada lafadz “باِللَّهِ” yang mana ada huruf ba berharakat kasrah sebelum lafadz Allah. Maka, cara membacanya tipis menjadi “billahi”.

4. QS. Al-Hadid ayat 16

…لِذِكْرِ اللَّهِ…

sesuai potongan ayat pada atas, huruf ro kasrah berada sebelum lafadz Allah. Maka, lam jalalah dibaca tipis serta bacaan di atas berbunyi “lidzikril laah”.

5. QS. At-Taghobun ayat 11

…إِلاَّ بِإِذْنِ اللَّهِ…

pada potongan ayat di atas, sebelum lafadz Allah ada huruf nun berharakat kasrah. Maka dari itu, berlakulah hukum tajwid lam jalalah tarqiq yg cara membacanya tipis. Jadi, cara membaca potongan ayat tersebut ialah “illaa bi-idznil laah”.

Demikianlah penjelasan tentang bacaan lam jalalah yg adalah salah satu hukum bacaan pada tajwid. mempelajari ilmu tajwid sangat penting buat dilakukan sebab merupakan bagian dari mempelajari Al-Quran.

Keutamaan belajar Al-Quran disebutkan pada sebuah hadits dari Utsman bin Affan, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ كُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

artinya: “Sebaik-baik kalian adalah yg mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari 5027)

oleh karena itu, ayo pelajari berbagai ilmu tajwid yang salah satunya adalah lam jalalah yang pembahasannya telah dijelaskan di atas. Jika membutuhkan bimbingan dari ustaz/ustazah profesional dalam belajar Al-Quran.