Berapa Jumlah Ayat dan kata dalam Al Quran ? Ini Dia

Berapa Jumlah Ayat dan kata dalam Al Quran ? Ini Dia

Berapa jumlah ayat dan kata dalam Al Quran? Kita memahami bahwa Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam begitu melimpah manfaatnya dalam segala hal. tak hanya mendapatkan pahala bagi yg membacanya, tidak hanya mendapatkan ketenangan, tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahun, tidak hanya menerima petunjuk dari Allah Swt.

Al-Quran ialah kitab suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Al-Quran diturunkan seluruhnya dalam bahasa Arab serta dituliskan dengan aksara arab (hijaiyah) [1]. Al-Quran terdiri atas 30 juz, 114 surat, 6.236 ayat, serta 77.845 kata.

Berapa Jumlah Ayat dan kata dalam Al Quran ? Ini Dia

akan tetapi lebih dari, Al-Qur’an memiliki banyak manfaat dalam setiap dimensi kehidupan. salah satunya ialah memberikan pengaruh bagi kesehatan manusia. Hal ini pula ditegaskan oleh Nabi Muhammad SAW melalui sabda beliau berikut,

مَنْ لَمْ يَسْتَشْفِ بِالْقُرْآنِ فَلَا شَفَاهُ اللهُ تَعَالَى (رَوَاهُ الدَّارُقُطْنِي)

artinya : “Barangsiapa yang tidak meminta kesembuhan dengan perantara al-Qur’an, maka Allah tidak memberikan kesembuhan terhadapnya.” [HR. Ad-Daruquthni]

salah satu penemuan penting di zaman terbaru menyatakan bahwa bacaan kalimat Al-Qur’an bisa mempengaruhi terhadap kulit. Hal ini sebab kulit mempunyai kemampuan yg menakjubkan buat menyimpan pengetahuan dan mengingatnya.

 

Baca Juga : Al Quran Ukuran A5 Besar Yang Dilengkapi Terjemahan

 

Sebagaimana kita ketahui, sentuhan atau rabaan merupakan salah satu indra yang sangat penting yg dimiliki manusia. Melalui sentuhan kita mampu mempersepsi realitas yg terdapat disekeliling kita.

Proses sentuhan dilakukan melalui ujung-ujung saraf yang ada di kulit yang kemudian mengirimkan sinyal ke otak melalui jaringan urat saraf. Jaringan saraf berujung pada atau di antara sel-sel epidermis, lapisan luar kulit.

Melalui jaringan saraf di kulit itulah kita bisa mempersepsi dan mengenali, untuk kemudian mengingat segala yang sentuh dan kita raba. Hal ini pula ditegaskan dalam al-Qur’an yg berbunyi:

اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُتَشَابِهًا مَثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ [الزمر: 23]

“Allah sudah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) al-Qur’an yg serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang yang takut kepada tuhan-Nya.” [QS. Az-Zumar: 23]

berdasarkan keterangan diatas bisa diketahui bahwa tiap kata dalam Al-Qur’an memiliki manfaat yg dapat berpengaruh terhadap tubuh manusia. tetapi demikian, ulama masih berbeda pendapat mengenai jumlah ayat dan kata dalam Al Quran.

Ulama setuju tentang jumlah ayat Al-Qur’an mencapai 6000 lebih ayat. tetapi, mengenai lebihnya ulama masih berbeda pendapat. ada yang berpendapat 6204 ayat, 6014 ayat, 6219 ayat, 6225 ayat, 6026 ayat, 6200 ayat, 6036. Adapun kalimat Al-Qur’an dari Al-fadl bin Syadzan adalah 77.439 kalimah.

Sebagaimana disebutkan dalam Tafsir Ibnu Katsir, juz 1, hal 98 berikut,

فأما عدد آيات القرآن فستة آلاف آية . ثم اختلف فيما زادعلى ذلك على أقوال و فمنهم من لم يزد على ذلك ، ومنهم و من قال : ومائتا آية و أربع آيات . وقيل : وأربع عشرة آية وقيل : ومائتان وتسع عشرة ، وقيل : ومائتان وخمس م و عشرون أية ، وست و عشرون أية ، وقيل : ومائتا آية و ست وثلاثون آية . حكى ذلك أبو عمرو الداني في كتاب البيان وأما كلماته ، فقال الفضل بن شاذان ، عن عطاء بن يسارسبع وسبعون ألف كلمة و أربعمائة و تسع وثلاثون كلمة

artinya : “ Jumlah ayat pada Al-Qur’an adalah 6000 lebih ayat, tentang lebihnya ulama masih berbeda pendapat. terdapat yg berpendapat 6204 ayat, 6014 ayat, 6219 ayat, 6225 ayat, 6026 ayat, 6200 ayat, 6036. keterangan ini sebagaimana diceritakan Abu ‘Umar Ad-daany dalam kitab Bayan. Adapun kalimat Al-Qur’an berdasarkan Al-fadl bin Syadzan dari ‘Atho ibn Yasar adalah 77.439 kalimah.”

Beberapa ulama memiliki berbeda-beda cara dalam menghitung ayat Alquran. Paling tidak, ada 7 mazhab yang diikuti terkait hitungan jumlah ayat kitab suci umat Islam ini. Semuanya setuju bahwa bilangan ayat Alquran lebih dari 6.200 ayat, tetapi berapa lebihnya, mereka berbeda pendapat.

Jumlah Ayat dan kata dalam Al Quran Berdasarkan 7 mazhab tadi ialah

1) Al-Madani Al-Awwal. Ayat Alquran berjumlah 6.217 atau 6.214. dalam beberapa versi cetak, jumlah yg banyak diikuti adalah 6.214 ayat.
2) Al-Madani al-Akhir. Ayat Alquran berjumlah 6.214. Meski terdapat kesamaan hitungan jumlah ayat Alquran dengan pendapat ke 2 Al-Madani al-Awwal, namun tetap terdapat berbeda-beda antara keduanya pada perincian penentuan ayat.
3) Al-Makki. Ayat Alquran berjumlah 6.220.
4) Asy-Syami. Ayat Alquran berjumlah 6.226.

5) Al-Kufi. Ayat Alquran berjumlah 6.236. Hitungan Al-Kufi inilah yang diikuti oleh cetakan Alquran di Indonesia, serta semua cetakan Alquran di dunia yang menggunakan riwayat Hafs dari Imam ‘Asim.
6) Al-Basri. Ayat Alquran berjumlah 6.205.
7) Al-Himsi. Ayat Alquran berjumlah 6.232.

dari tujuh pendapat di atas, dalam cetakan Alquran yg terdapat di seluruh dunia saat ini, penulis masih bisa menjumpai penggunaan hitungan ayat dari lima mazhab, yaitu: Al-Madani Al-Awwal, Al-Madani Al-Akhir, Al-Makki, Asy-Syami, serta Al-Kufi. sementara buat al-Basri dan Al-Himsi, penulis belum menemukan.

tetapi demikian, jumlah kandungan Alquran sebanyak 6.666 ini pula hanya datu dari sekian banyak pendapat yang ada. Ulama Alquran memiliki hitungan yg Bebeda beda terkait klasifikasi kandungan ayat Alquran. Meski begitu, tidak ada pendapat yang mengklaim menjadi paling benar melebihi pendapat lainnya.

Demikian penjelasan mengenai jumlah ayat dan kata dalam Al Quran. Semoga bermanfaat. Wallhu a’lam.

 

Artikel : https://bincangsyariah.com/khazanah/jumlah-ayat-dan-kata-dalam-al-quran/