Pengertian Makhraj huruf Hijaiyah

Pengertian Makhraj huruf Hijaiyah

Makhraj huruf hijaiyah Sangat Penting Untuk diketahui Muslim agar mampu membaca Al quran dengan baik, benar, fasih serta tartil. Jumlah Huruf hijaiyah mirip diketahui ada 29. Hijaiyah berasal dari istilah haja, yuhajuu hijaa an (هَجَا- يَهْجُوْ- هِجَاءً ), yang berati ejaan. Yakni, ejaan huruf Arab sebagai bahasa asli Alquran.

Makhraj huruf hijaiyah adalah bagian terpenting dalam belajar tajwid. Siapa pun yg ingin mempunyai bacaan yg bagus dan sesuai kaidah tajwid wajib terlebih dahulu menguasai makhraj huruf hijaiyah.

karena makhraj huruf hijaiyah ini merupakan materi utama dan pondasi Saat membaca Alquran, maka jangan sampai hal mendasar ini diabaikan oleh para pembaca Alquran.

saat membaca Alquran, umat Muslim harus membunyikan huruf sesuai dengan makhrajnya. sebab, Bila terjadi suatu kesalahan pada pelafalan huruf, hal itu bisa mengakibatkan arti baru.

Apa Itu Makhorijul Huruf serta Pembagiannya?

Menuntut Ilmu Agama IslamJika membicarakan pelafalan dalam huruf hijaiyah, pastinya umat Muslim tahu apa yg dimaksud “makhorijul huruf hijaiyah”. Makhorijul huruf adalah tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf tersebut dibunyikan.

Makhorijul huruf berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari 2 istilah, yaitu makhoorij dan huruf. Secara etimologi, makhorijul alfabet artinya tempat-tempat keluarnya huruf. sementara berdasarkan istilah, yg dimaksud dengan makhorijul huruf ialah tempat-tempat atau letak keluarnya huruf-huruf hijaiyah ketika membunyikannya.

Bagi orang-orang yang mempelajari ilmu tajwid serta membaca Alquran, makhorijul huruf hijaiyah merupakan materi dasar yang wajib dikuasai dengan baik dan benar. karena, salah mengucapkan salah satu huruf hijaiyah berarti akan mengakibatkan berubahnya makna atau arti di dalam Alquran.

Makhraj huruf hijaiyah ini pula pembahasan penting dalam ilmu tajwid. karena itu, mengetahui makharijul huruf atau tempat keluarnya alfabet hijaiyah pada waktu huruf-huruf tadi diucapkan atau dibunyikan sangat penting.

Pendapat yang paling masyhur dari Imam Ibnul Jazari menyatakan bahwa makhorijul huruf hijaiyah itu ada 17 tempat yg ada di rongga mulut, lidah, kerongkongan, 2 bibir dan janur hidung.

Bagaimana Mengetahui Makhraj huruf ?

Berikut artinya langkah-langkah mengetahui makhraj suatu huruf:

  • Sukun-kan huruf yg ingin diketahui makhrajnya
  • Dahului huruf sukun tadi dengan hamzah berharakat
  • Ucapkan huruf tadi dan dengarkan suaranya. di mana suaranya berhenti, disitulah makhraj muhaqqaq-nya. serta Jika suaranya berhenti karena habisnya udara, maka makhrajnya adalah makhraj yg muqaddar (kira-kira).

contoh:
Jika kita mengucapkan (أَمْ – أَبْ – أَفْ), makhraj huruf yang disukun adalah makhraj muhaqqaq.
serta Bila kita mengucapkan (ءَا – إِيْ – أُوْ), makhraj huruf yang disukun ialah makhraj muqaddar.

Jenis-Jenis Makhraj huruf Hijaiyah

1. Asy-Syafatain (2 bibir) 4 huruf

Asy-Syafatain adalah 2 bibir, yaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yg berada pada bibir. Asy-Syafatain terdiri dari 4 huruf dengan perincian menjadi berikut:

Fa’ ( ف ) keluar dari dalamnya bibir yg bawah, serta menepati dengan ujung 2 gigi seri yang atas.

Wawu ( و ), ba’ ( ب ), mim ( م ) keluar di antara dua bibir (antara bibir atas serta bawah). Hanya saja untuk wawu bibir membuka, sedangkan untuk ba’ serta mim bibir membungkam.

2. Al-Halq (tenggorokan) 6 huruf

Al-Halq artinya tenggorokan, yaitu tempat keluar suara huruf hijaiyah yang terletak pada tenggorokan. Al-Halq terdiri dari 6 huruf yg dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan pelafalannya, yaitu:
Asyqal Halqi (pangkal tenggorokan), yaitu hamzah ( ء ) serta ha’ ( هـ ).
Wasthul Halqi (pertengahan tenggorokan), yaitu ha’ ( ح ) serta ‘ain ( ع ).

Adnal Halqi (ujung tenggorokan), yaitu ghoin ( غ ) serta kho’ ( خ ).

3. Al-lisan (lidah)

Al-lisan artinya lidah, yaitu tempat keluarnya huruf-huruf hijaiyah yg berada pada lidah. bunyi huruf hijaiyah dengan tempat keluarnya dari lidah terdapat 18. sesuai 18 huruf itu dapat dikelompokkan menjadi 10 makhraj, yaitu:

a. Sisi/tepi pengecap/pangkal tepi lidah,

yaitu huruf dho’ ( ض ). Bunyinya keluar dari tepi lidah (boleh tepi pengecap kanan atau kiri) sampai sambung dengan makhrojnya huruf lam, dan menepati geraham.

b. Pangkal lidah (2 huruf)

Pangkal lidah dan langit-langit mulut bagian belakang, yaitu huruf qof ( ق ). Bunyinya keluar dari pangkal lidah dekat dengan kerongkongan yg dihimpitkan ke langit-langit mulut bagian belakang.

Pangkal lidah bagian tengah serta langit-langit mulut bagian tengah, yaitu huruf kaf ( ك ). Bunyinya keluar dari pangkal lidah di depan makhroj huruf qof, yg dihimpitkan ke langit-langit bagian mulut bagian tengah.

c. Tengah-tengah lidah,

yaitu huruf jim ( ج ), syin ( ش ), serta ya’ ( ي ). Bunyinya keluar dari tengah-tengah pengecap, dan menepati langit-langit mulut yg tepat pada atasnya.

d. Ujung tepi lidah,

yaitu huruf lam ( ل ). Bunyinya keluar dari tepi lidah (sebelah kiri atau kanan) hingga penghabisan ujung lidah, dan menepati dengan langit-langit mulut atas.

e. Ujung lidah,
yaitu huruf nun ( ن ). Bunyinya keluar dari ujung lidah (sesudah makhrojnya lam), lebih masuk sedikit ke dasar lidah daripada lam, serta menepati dengan langit-langit lisan atas.

f. Ujung lidah tepat,
yaitu huruf ro’ ( ر ). Bunyinya keluar dari ujung lidah tepat (setelah makhrojnya nun serta lebih masuk ke dasar lidah daripada nun) dan menepati dengan langit-langit mulut atas.

g. Kulit gusi atas,
yaitu huruf dal ( د ), ta’ ( ت ), dan tho’ ( ط ). Bunyinya keluar dari ujung lidah serta menepati dengan pangkal gigi seri yang atas.

h. Runcing lidah,
yaitu huruf shod ( ص ), sin ( س ), serta za’ ( ز ). Bunyinya keluar dari ujung lidah serta menepati ujung dua gigi seri yg bawah.

i. Gusi,
yaitu huruf dho’ ( ظ ), tsa’ ( ث ), dan dzal ( ذ ). Bunyinya keluar dari ujung lidah dan menepati dengan ujung dua gigi seri yg atas.

4. Al-Jauf (rongga lisan) 3 huruf

Al-Jauf artinya rongga mulut, yaitu tempat keluarnya huruf-alfabet hijaiyah yang terletak di rongga mulut. bunyi alfabet yg keluar asal Al-Jauf terdiri berasal tiga macam, yaitu alif ( ا ), wawu ( و ), ya’ ( ي ).

5. Al-Khaisyum (pangkal hidung)

Al-Kaishyum merupakan pangkal hidung, yaitu tempat keluarnya huruf hijaiyah yg terletak pada jalur hidung dengan bunyi dengung atau gunnah. Adapun huruf-hurufnya yaitu huruf-huruf gunnah mim serta nun dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Nun bertasydid
  • Mim bertasydid
  • Nun sukun yang dibaca idgham bighunnah, iqlab, serta ikhfa’ haqiqi
  • Mim sukun yang bertemu dengan mim atau ba’

Berikut 29 huruf hijaiyah dan cara membacanya:

  1. ا : Alif a
  2. ب : Ba
  3. ت : Ta
  4. ث : Tsa
  5. ج : Jim
  6. ح: Ha
  7. خ: Kha
  8. د : Dal
  9. ذ : Dzal
  10. ر : Ra
  11. ز : Za
  12. س : Sin
  13. ش : Syin
  14. ص : Shad
  15. ض: Dhad
  16. ط : Tha
  17. ظ : Zha
  18. ع: ‘Ain
  19. غ: Ghain
  20. ف : Fa
  21. ق : Qaf
  22. ك : Kaf
  23. ل: Lam
  24. م : Mim
  25. ن : Nun
  26. و: Wawu
  27. ها: Ha
  28. ء: Hamzah
  29. ي: Ya.

Demikian pembahasan tentang makhraj huruf. Semoga pembahasan ini bisa membuka wawasan pembaca sehingga lebih faham, bahwa masing-masing huruf hijaiyah mempunyai makhraj (tempat keluar) dan setiap huruf wajib diucapkan sesuai dengan makhrajnya masing-masing. Wallahu a’lam bish shawab.