Tahsin dalam Tilawah Al Quran, Apa Maknanya?

Tahsin dalam Tilawah Al Quran, Apa Maknanya?

Tahsin dalam Tilawah – pasti sudah tidak asing lagi ditelinga para pembaca tentang kata tahsin. dan kata ini dikaitkan dengan al Qur’an. lalu apa sebenarnya arti makna dari tahsin sendiri? dan seberapa pentingnya kita belajar tahsin?

Tahsin artinya membaguskan. Hal ini merujuk di konteks membaguskan dalam hal kualitas bacaan Al Quran seorang seperti dikutip dari halaman lembaga Tahfizh dan Ta’lim Al-Qur’an (LTTQ) Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

istilah tahsin sendiri diambil dari kata dalam bahasa Arab حسَّن – يحسِّن – تحسيناً yg mengandung arti memperbaiki, menghiasi, membaguskan, memperindah, atau membuat lebih baik dari semula.

sumber lain dalam buku Dasar-dasar Ilmu Tajwid dari Dr. Marzuki, M.Ag., Sun Choirol Ummah, S.Ag., M.S.I juga menjelaskan bahwa tahsin merupakan padanan dari kata tajwid. sebab itulah, tahsin bisa didefinisikan dengan melafalkan atau membaca ayat-ayat Al Quran dengan baik dan benar.

Baca Juga: “Al Quran Untuk Tilawah Yang Dilengkapi Tajwid Warna

Satu riwayat dari sabda Rasulullah SAW menjelaskan, orang yg mahir atau menguasai bacaan Al Quran dengan baik akan dibersamai sang malaikat ketika mereka membaca Al Quran. dari Aisyah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ

artinya: “Orang yang mahir membaca (serta menghafal) Al Quran, (dia berada) bersama para malaikat yg mulia lagi taat. Orang yg membaca Al Quran dengan terbata-bata lagi sulit (dalam membacanya mendapatkan dua pahalanya,” (HR Muslim).

Sebagaimana diketahui, Al Quran tersusun dari huruf-huruf hijaiyah yg memiliki hukum dalam tiap pembacaannya. karena itulah dibutuhkan ilmu tajwid dan tahsin untuk menyempurnakan bacaan Al Quran sebagaimana yang disinggung dalam hadits sebelumnya.

Jadi, tahsin merupakan salah satu cara mencapai kesempurnaan pahala membaca Al Quran. buat lebih lengkapnya, keutamaan umat muslim pada menerapkan tahsin dalam tilawah Al Quran dapat disimak dalam rangkuman dari halaman resmi SMK Al Mu’in Kota Tangerang berikut.

odoj pandeglang latih tahsin al quran tanpa bosan 180208q

3 Keutamaan mempelajari Tahsin dalam Tilawah Al Quran

Tujuan penting diwajibkannya mempelajari tahsin ialah buat menghindari lahn. Lahn adalah kesalahan yg terjadi ketika kita membaca al-Qur’an.

1. Melaksanakan perintah Allah SWT

hukum membaca Al Quran sesuai tajwidnya ialah wajib bagi tiap muslim. Hal ini sesuai dengan perintahNya dalam surat Al Muzzammil ayat 4,

اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلً

artinya: “atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan.”

2. Menghindari perubahan makna sebuah ayat

Selanjutnya yang tidak kalah penting dari mempraktikan tahsin dalam bacaan Al Quran ialah agar terhindar dari perubahan makna suatu ayat. Ditambah lagi, bahasa yg digunakan Al Quran juga tidak sama dengan bahasa yg digunakan sehari-hari.

Hal ini sebagai fatal Jika umat muslim mengganti makna Al Quran secara tidak sengaja. misalnya, waktu membaca surat Al ikhlas, seseorang membaca Qul huwallahu ahad (Katakanlah; Dialah Allah yang Maha Esa) dengan kul huwallahu ahad berarti (Makanlah; Dialah Allah yang Maha Esa).

perbedaan satu huruf saja sudah mengganti makna dari keseluruhan bacaan.

3. Sebaik-baik manusia di mata Allah

Hal ini disebutkan dalam salah satu sabda Rasulullah SAW. Bahwasanya beliau pernah mengatakan,

( خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وعَلَّمَهُ ( البخاري

artinya: “Sebaik-baik kalian adalah yg belajar Al Quran dan mengajarkannya,” (HR Bukhari).

Melalui informasi di atas, telah cukup jelas bahwa tahsin merupakan cara buat menyempurnakan bacaan Al Quran seseorang. Jadi, jangan ragu untuk mempelajari tahsin ya!

Sebelum mengakhiri pembahasan ini. Ada yang perlu diketahui oleh pembaca sekalian, belajar al-Quran tidak bisa langsung dari mushaf al-Quran meskipun tulisan mushaf tersebut sangat jelas. Dan tidak pula bisa dipelajari melalui buku, meskipun penjelasan yang ada dalam buku sangat jelas dan terperinci. Namun, belajar al-Quran harus melalui guru yang sudah bagus bacaannya. Selain kita bisa mendengar langsung bagaimana mengucapkan huruf yang benar dari lisan guru, bacaan kita pun akan diperbaiki apabila masih terdapat kesalahan bacaan.

wallahu ta’ala a’lam bis shawab

Demikian jawaban yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Catatan:

Tahsin dan tajwid secara pengertian memang memiliki kesamaan, tetapi dari segi penggunaan, kata tahsin dan tajwid saat ini mempunyai perbedaan. Tahsin cenderung digunakan untuk memperbaiki bacaan Alquran agar sesuai kaidah tajwid. Sementara tajwid lebih sering digunakan untuk pembahasan teori tajwid.